Jumat, 30 Oktober 2009

Walhi: Jakarta Macet Total 2011

Jakarta (ANTARA) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) memperkirakan kemacetan total di Jakarta akan terjadi pada 2011.

"Kalau mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso memperkirakan 2014 Jakarta macet total. Saya rasa kemacetan total akan lebih cepat jadi 2011," kata Ketua Komisi Organisasi Dewan Nasional Walhi, Ririn Sefsani, dalam diskusi "Green Car" mobilmotor Forum 2009 di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, prediksi sebelumnya ruas jalan di Jakarta sudah tidak mampu menampung jumlah kendaraan tahun 2014, sehingga terjadi kemacetan total.

Namun, dengan semakin cepatnya pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sejak 2007 di Jabodetabek, diperkirakan kemacetan total di Jakarta semakin cepat terjadi.

Dengan demikian, tambahnya, Jakarta pada saat itu akan menjadi kota yang tidak layak huni, dengan tingkat polusi yang sangat tinggi.

Langkah yang harus diambil di sektor transportasi, menurut Ririn, yakni komitmen industri otomotif terhadap pengembangan transportasi publik yang ramah lingkungan.

"Produsen harusnya menciptakan transportasi massal yang ramah lingkungan. Bukan lagi memikirkan mobil ramah lingkungan pribadi," ujar dia.

Selain itu, ia menabahkan perlunya pemerintah konsisten melaksanakan kebijakan pengembangan mobil ramah lingkungan.

"Jangan sampai itu hanya menjadi slogan saja. Di sini perilaku masyarakat pun patut dipertanyakan," tegas Ririn.

Beberapa kebijakan yang harus konsisten dijalankan yakni Perda DKI Nomor 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara.

Ia menyarankan perbaikan dan pengelolaan transportasi publik menjadi pilihan terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar