Selasa, 25 Agustus 2009

Akibat Kelaparan Ratusan Ekor Singa Laut Mati

Liputan 6 - Selasa, Agustus 25

Liputan6.com, Iquique: Kelaparan yang melanda ratusan anak singa laut, telah menjadi fenomena tak lazim di sekitar pesisir pantai utara dekat Iquique, Chile. Hasilnya, ratusan anak singa laut terpaksa harus menjadi korbannya. Belum lama ini, karena tak bisa mencari makanan sendiri, anak-anak singa laut itu terpaksa ditinggalkan induknya selama berhari-hari.

Namun, karena tak kuat menahan lapar, sekitar 200 ekor mamalia tersebut akhirnya mati. Perubahan cuaca seperti akibat El Nino dan polusi diduga kuat sebagai penyebab utama kejadian ini. Peristiwa ini pun telah menarik perhatian para ilmuwan, sebab banyaknya singa laut yang mati akan dapat mengancam ekosistem yang ada.

Sementara kelompok pecinta alam menduga kuat kondisi ini berhubungan erat dengan pembangkit tenaga listrik Molibdenum atau pencemaran industri lainnya yang berada tidak jauh dari pesisir pantai. Tak hanya di Chile, di Peru juga tidak kurang dari 20 ekor singa laut dilaporkan mati akibat cuaca ekstrim pada awal Agustus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar