Selasa, 25 Agustus 2009

SMS untuk Mahluk Luar Angkasa

Liputan6.com, Canberra: Mungkin bagi sebagian orang pekerjaan ini sia-sia. Namun bagi sebagian lain pekerjaan ini justru menantang, meski agak lucu. Itulah yang dilakukan sebuah situs di Australia, yakni mengirimkan teks ke luar angkasa dengan harapan akan mendapat respon. Agak sedikit lucu lantaran mengirimkan teks ke luar angkasa bukanlah hal lazim.

Sejak Rabu (12/8) hingga 24 Agustus mendatang para pengguna internet yang ingin mengirimkan pesan pendek (SMS) kepada alien atau mahluk asing dapat mengunjungi situs www.HelloFromEarth.net. Dengan syarat pesan yang diberikan tidak lebih dari 160 karakter. Menurut situs tersebut pesan akan dikirimkan ke Gliese 581d, sebuah planet mirip dengan Bumi yang berada di luar sistem tata surya kita.

Sebelum dikirim pesan yang telah ditulis akan diantar lewat Canberra Deep Space Communication Complex yang tak lain adalah stasiun bumi yang ada di Australia. "Ini seperti mengirimkan pesan dalam botol ke luar angkasa. Yang menarik tidak hanya apakah di luar sana ada yang menangkap atau tidak, namun juga pesan apa yang akan ditulis seandainya ada respon yang datang," ujar Wilson da Silva, juru bicara proyek tersebut seperti dikutip Reuters.

Acara ini sendiri diselenggarakan dalam rangka memperingati National Science Week sebagai upaya menciptakan kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan. Untuk menyukseskan acara tersebut, Menteri Ilmu Pengetahuan Australia Kim Carr turut menulis pesan saat peluncuran proyek. "Saat kanak-kanak, banyak warga Australia menatap bintang di langit sambil berpikir apa sebenarnya yang ada di luar angkasa sana. Namun kini ilmu pengetahuan bisa membuat saya mengirimkan pesan yang mungkin akan dijawab," ujarnya berharap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar